Cara Menghapus Data Duplikat di Excel Dengan Mudah

2:42 AM
Cara Menghapus Data Duplikat di Excel Dengan Mudah  Pernah kalian mengalami data yang kalian ketik di excel ganda (duplikat) ? lalu kalian ingin mencari serta menghilangkan data duplikat di excel tersebut ? Mungkin tutorial manual dapat kalian perbuat, dengan mensortir satu persatu data yang telah kalian masukkan di microsoft excel, tetapi apakah tutorial tersebut tetap bakal kalian perbuat apabila data dulikat di excel tersebut telah mencapai ratusan bahkan ribuan ? Pasti saja tutorial menghilangkan data ganda di excel tak manjur lagi apabila hanya memakai tutorial sortir manual, nah disinilah penulis bakal memberikan trik sederhana yang mungkin berguna buat temen-temen yang sedang mencari tutorial menghilangkan data duplikat di excel.

Cara menghilangkan data yang sama di excel ini sangat manjur, dan sangat mudah di praktekkan sebab tak memerlukan trik dan trik khusus untuk meperbuatnya, dan langkah untuk menghilangkan data yang sama di excel juga termasuk simple.

Cara Menghapus Data Duplikat di Excel Dengan Mudah
Langkah-langkah untuk menghapus data ganda di excel, data dupilkat di excel:

  • Mulailah dengan memilih atau menyeleksi cell yang ingin anda cari data gandanya, kemudian pilih menu Data >> Remove Duplicates, disini saya contohkan saya akan mencari data siswa yang namanya saja yang sama/duplicate, tanpa melihat kelasnya
Klik Gambar Untuk Memperbesar

  • Maka Ms Excel akan merespon dengan kotak dialog yang akan kamu jadikan bahan acuan dupliate data pada kolom mananya, misal jika dalam contoh ini saya hanya mempertimbangkan menghapus duplikat data di excel berdasarkan nama siswa saja, tanpa mempertimbangkan No urut dan kelas, maka yang saya centang hanya bagian Nama siswa saja.
Klik Gambar Untuk Memperbesar

  • Maka Ms. excel akan membertahukan kepada kamu berapa data yang sama di excel yang sudah dihapus.

Baca Juga : Cara mencari duplikat data di excel 
Catatan : Semakin banyak opsi yang kamu centang berarti mendakan identitas data yang sama dalam excel harus mempertimbangkan data yang kamu centang tersebut, misal jika dalam contoh diatas saya memilih / mencentang pada pilihan Nama Siswa dan Kelas, maka tidak ada data yang terhapus, karena meskipun di data nama siswa terdapat data yang sama akan tetapi di data kelasnya tidak sama.

Itu tadi Cara Menghapus Data Duplikat di Excel, gimana mudah bukan ? Namun meskipun terbilang mudah saya yakin tidak semua orang mengetahui tips sederhana ini, terutama buat pemula yang masih belajar seputar tutorial dan rumus microsoft excel.
Previous
Next Post »
0 Komentar