Rumus If Excel dan Multi If Excel

3:23 PM
Rumus IF excel serta Multi IF excel adalah salah satu rumus excel yang tak jarang di pakai user (pemakai) untuk memperoleh hasil analisa sesuai yang di inginkan, rumus IF alias kalau di artikan "apabila" sebetulnya tak hanya tak jarang kami temui dalam excel saja, melainkan di bahasa pemprograman juga tak jarang di temui, sebab terbukti IF menyebutkan kondisi yang dapat di terapkan di tak sedikit sudut sesuai keperluan masing-masing orang (user).

Fungsi Rumus IF Excel dan Multi IF Excel
Secara umum fungsi IF untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan rumus IF tunggal yang biasanya mempunyai nilai 2 opsi pilihan
Sedangkan fungsi Multi IF merupakan rumus untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan rumus IF yang lebih dari satu di dalam satu kondisi, hal ini terjadi karena biasanya terdapat banyak pilihan opsi yang bisa digunakan.

Untuk lebih jelasnya rekan bisa melihat contoh soal penggunanaan rumus IF dan Multi IF excel berikut ini
Contoh Rumus IF Excel

Dalam contoh ini penggunaan rumus IF digunakan untuk penerimaan calon pegawai di perusahaan, dengan ketentuan calon pegawai harus mempunyai nilai rata-rata diatas > 6 agar diterima, jadi jika nilai rata-rata di bawah 6 maka tidak diterima (gagal). yakni dengan menuliskan rumus hasil pada cell F7 =IF(E7>60;"Diterima";"Gagal") dan untuk cell di bawahnya rekan tinggal mencopy rumusnya.

Contoh Soal Multi IF Excel

Dasar Penilaian
A,Jika lebih besar dari 90 (90-100)
B,Jika lebih besar dari 80 (80-89)
C,Jika lebih besar dari 60 (60-79)
D,Jika lebih besar dari 0 (0-59)

Dari contoh maka pada nilai huruf di cell E7 di tulis rumus =IF(B7<60;"D";IF(B7<80;"C";IF(B7<90;"B";"A"))) 
dan untuk cell di bawahnya rekan tinggal mencopy rumusnya.
Note : dalam beberapa program office di beberapa komputer penggunaan "," (koma) sebagai pembatas rumus tidak berfungsi. jadi jika terjadi seperti itu rekan bisa mengganti "," (koma) dengan ";" (titik koma) begitupun sebaliknya.
Previous
Next Post »
0 Komentar