Tutorial Ms Access Cara Menambahkan Combo Box di Form Access

2:56 PM
Tutorial ms access untuk hari ini tutorial meningkatkankan combo box di form yang telah kami buat dalam ms access, lalu mengapa wajib ada combo box dalam form ? ada beberapa macam argumen untuk meningkatkankan combo box dalam form yang salah satunya supaya kami tak butuh mengetik ulang field data yang bakal kami cari, serta juga meminimalisir kesalahan dalam terbuktigil data yang telah sempat kami buat di access. bagi yang belum tahu tutorial membikin form dapat membaca terlebih dahulu Tutorial microsoft access tutorial membikin form serta button di access.

Fotoan sederhananya gini, misal dalam tabel guru yang telah sempat kami buat ingin di tampilkan di masing-masing field, otomatis kami wajib manggil field kunci yang menjadi primary key yang ada dalam tabel guru tersebut, dimana dalam contoh ini merupakan field kode guru. ketika saya ingin mencari data guru dengan kode misal "G130091" maka saya tak butuh mengetik kode tersebut, melainkan tinggal  memilih kode tersebut dari combo box, maka data yang berkaitan dengan kode guru "G130091" bakal tampil. Oke dari sini saya kira telah paham maksudnya.

Tutorial Ms Access Cara Menambahkan Combo Box di Form Access
1. Silahkan buka form yang sudah pernah rekan buat, kemudian klik menu View >> Design View agar form yang pernah dibuat bisa di edit.
2. Pada bagian Form Design Tool pilih menu Design >> Combo Box, seperti ini

3. Letakkan combo box sesuai keinginan, maka akan muncul tampilan combo box wizard pilih opsi yang ketiga yakni Find a record on my form ... lalu klik Next

4. Pilih salah satu Field yang ingin dijadikan acuan dalam combo box dengan menekan tombol ">", dalam contoh kali ini saya ingin menambahkan kd_guru lalu klik Next

5. Setelah itu klik tombol Finish untuk mengakhiri.
Jika berhasil ketika dijalankan maka tampilannya kurang lebih seperti ini
Baca Juga : Cara Membuat Relasi Antar Tabel di Access
Dan untuk menjalankan apakah fungsi combo box sudah berjalan dengan normal atau tidak, rekan bisa mengetesnya melalui View >> Form View.
Previous
Next Post »

1 comment