Fungsi Penanggalan (Day, Now, Today, Networkdays) dalam Excel

3:33 PM
Seringkali kita di hadapkan hal-hal yang sekilas terlihat sepele dalam pekerjaan, misal contoh sederhana jika ingin mencari jumlah hari kerja dalam satu bulan, memasukkan tanggal sekarang, memasukkan hari sekarang, maupun menhitung jumlah hari dalam satu bulan.

Oke akan saya coba jelaskan satu persatu dari masing-masing fungsi dari perintah excel berikut :

DAY
untuk menhasilkan nilai numerik hari dalam satu bulan, mulai tanggal awal bulan sampai tanggal akhir suatu bulan.
Misal jika rekan menuliskan rumus =DAY("31-mei-2013") maka hasilnya adalah 31, namun jika rekan menuliskannya salah misal dalam bulan april 2013 hanya sampai tanggal 30, tapi rekan menuliskan =DAY("31-apr-2013") maka yang muncul pesan error #Value!

NOW
Untuk menhasilkan nilai numerik data tanggal data yang berlaku hari ini. rumus yang digunakan =NOW()
Misal pada saat rekan menginputkan data now adalah tanggal 14 mei 2013 jam 13.06 dengan mengetikkan rumus =NOW() maka data yang dihasilkan 14-mei-2013 13:06

TODAY
Untuk menghasilkan nilai tanggal hari ini, rumus yang digunakan =TODAY()
Misal sekarang tanggal 14 mei 2013, maka jika rekan menuliskan rumus =TODAY() maka hasilnya 14/05/2013

NETWORKDAYS
Untuk menghasilkan nilai jumlah seluruh hari kerja diantara tanggal awal dan tanggal akhir. secara default akan dihitung dalam satu minggunya 5hari kerja.
Rumus = NETWORKDAYS(A;B;C)
dimana ;
A, merupakan data tanggal awal
B, merupakan data tanggal akhir
C, data hari libur bukan termasuk hari sabtu dan minggu, untuk holiday(hari libur) optional jadi misal ndak ada hari libur /absen dalam bulan tersebut maka bisa tidak di tulis. untuk detailnya rekan bisa melihat contoh soal excel berikut ini

Baca Juga : Rumus If Excel dan Multi If Excel
Pada contoh di atas, kita bisa melihat jika dikurangi absen(libur) maka rumus yang digunakan =NETWORKDAYS(B4;C4;D4) dan jika absen (libur) tidak ingin dihitung/tidak ada, maka bisa cukup =NETWORKDAYS(B4;C4)

Itu tadi penjelasan mengenai rumus excel, dalam beberapa komputer tanda ";" tidak berfungsi sebagai pembatas, maka rekan gunakan "," koma sebagai penggantinya.

Previous
Next Post »
0 Komentar